Inilah Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux

Distro Linux
Dalam Sejarah Linux OS pertama kali dikembangkan oleh seorang bernama Linux Torvarld, Linux sendiri bersifat open source sehingga boleh dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Linux saat ini juga memiliki berbagai distro (turunan) Sistem Operasi seperti Ubuntu, Debian, Red Hat, Zorin, dan masih banyak lagi.

Untuk penjelasan terhadap Kelebihan dan Kekurangan dari Linux ini kita dapat menyimaknya dalam tulisan dibawah ini :

Kelebihan OS Linux:
1. Free dan open sourceSistem operasi ini dapat diperoleh scara gratis dan dapat dikembangkan. Inilah salah satu daya tarik mengapa orang meminant memiliki sistem operasi ini. Selain itu aplikasi yang diberikan juga gratis berdeda dengan sistem operasi yang lain.

2. Dapat Berinteraksi dengan Sistem Operasi yang Berbeda.Sama halnya dengan Windows, Linux juga dapat saling terhubung atau komunikasi dengan sistem operasi lainnya. Dalam hal ini seperti adanya koneksi jaringan, maka pengguna dapat terhubung dengan sistem operasi lainnya. Namun dalam hal aplikasi, Linux tidak dapat menerima aplikasi yang tidak support dengan sistem operasi tersebut.

3. Lebih Aman dari Virus.Inilah faktor penguat mengapa kebanyakan orang menggunakan sistem operasi ini. Linux merupakan sistem operasi yang lebih aman daripada sistem operasi lain, seperti Windows. Tetapi, bukan berarti Linux tidak dapat diserang orang virus. Namun hanya kemungkinan kecil saja virus dapat masuk ke sistem operasi tersebut.

4. Adanya virtual memoriVirtual memori atau yang lebih dikenal SWAP yang membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program yang besar.
5. Dapat digunakan untuk membuat server local.
Kekurangan OS Linux:
1. Sistem operasi ini sulit dipelajariKarena dalam pengoprasiannya sangat berbeda dengan Windows. Maka bagi orang yang kurang mengetahui komputer sulit untuk menggunakannya.

2. Sedikitnya aplikasi yang dimiliki oleh Linuxinilah yang membuat sebagian orang beralih ke sistem operasi yang mendukung segala aktiftas dalam komputer karena banyak orang membutuhkan aplikasi yang support dari OS.

3. Sedikitnya dukungan dari hardware tertentuHal ini hanya adanya dukungan dari beberapa vendor yang mendukung perangkatnya terhadap sistem operasi ini.

4. Install sistem operasi yang rumit
Gimana, apakah kamu ingin mencoba linux ?. Disarankan bagi kamu yang berniat mencobanya. Mulailah pelajari dasar-dasarnya. Atau kamu menggunakan salah satu distro linux seperti Ubuntu yang populer saat ini di Linux.

Itulah Kelebihan dan Kekurangan dari OS Linux. Sekarang tinggal pilihan ada di kamu, mau mencobanya atau tidak.

Posting Komentar untuk "Inilah Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux"