NASA Temukan Lagi Planet Paling Mirip dengan Bumi

Planet Paling Mirip dengan Bumi
Pada tanggal 23 Juli 2015 NASA mengumumkan temuan baru dari Kepler Space Telescope yang merupakan misi untuk mencari planet lain yaitu Planet Kepler 452B. Exoplanet yang mengorbit bintang lain pertama kali ditemukan pada tahun 1995. Exoplanet, terutama planet yg mirip Bumi walaupun berukuran kecil masih menjadi Science Fiction 21 tahun yang lalu. Tapi sekarang para astronomer sudah menemukan apa yang dari dulu manusia impikan, yaitu Planet Mirip Bumi yang lain.

Planet Kepler 452B berukuran 60% lebih besar daripada Bumi dan berlokasi sejauh 1.400 tahun cahaya di konstelasi Cygnus. Walaupun ukurannya lebih besar, planet Kepler 452B mengorbit bintangnya selama 385 hari atau hanya 5% lebih lama daripada Bumi. Jarak antara planet Kepler 452B ke bintang yg diorbitnya pun hanya lebih jauh 5 % dari jarak planet Bumi ke Matahari.

Hal ini membuat Planet Kepler 452B berada dalam zona yang bisa ditinggali makhluk hidup - atau disebut Goldilocks zone - yaitu area dimana air dapat menggenang di permukaan planet.
"Ini sangat menarik, karena Kepler 452B menerima jenis spektrum dan intensitas cahaya yang sama seperti yang kita dapat di Bumi. Ini artinya tanaman di planet Bumi dapat tumbuh jika Kepler 452B memiliki permukaan tanah berbatu dan memiliki atmosfir" kata Dr. Daniel Brown, ahli astronomi dari Nottingham Trent University.
"Matahari"-nya Kepler 452B yaitu Kepler 452 berumur 6 milyar tahun, 1,5 tahun lebih tua daripada "Matahari"-nya Bumi, mempunyai suhu yang sama, 20% lebih cerah dan memiliki diameter 10% lebih panjang.

Posting Komentar untuk "NASA Temukan Lagi Planet Paling Mirip dengan Bumi"