Jawaban Ilmuwan Tentang Teka-Teki Lebih Dulu Ayam atau Telur?

Lebih Dulu Ayam atau Telur?
Lebih dulu ayam atau telur? Sejatinya, ayam berasal dari telur begitupun telur berasal dari ayam. Melalui beberapa penelitian, teka-teki ini sudah bisa dipecahkan oleh para ilmuwan. Menurut hasil riset tim ilmuwan dari Sheffield dan Warwick University di Inggris, ayam terlebih dulu ada daripada telur.

Bagaimana bisa? Penjelasan singkatnya begini, pada dasarnya bahan pembentuk cangkang atau kulit telur yaitu protein yang hanya dapat ditemukan dari indung telur ayam. Jadi, telur hanya ada apabila diproses di dalam tubuh ayam.

Bagaimana bisa para ilmuwan mengungkap teka-teki yang satu ini? Para ilmuwan tersebut menggunakan sebuah super komputer untuk memperbesar proses pembentukan sebutir telur. Penelitian tersebut membuktikan bahwa protein yang bernama ovocledidin-17 atau OC-17 berperan sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan cangkang telur.

Dengan super komputer bernama HECToR yang berada di Edinburg, Skotlandia, para ilmuwan mengungkapkan bahwa OC-17 sangat penting dalam kristalisasi yang merupakan tahap awal pembentukan cangkang. Protein tersebut mengubah kalsium karbonat menjadi kristal keras yang menjadi bahan pembuat cangkang.

OC-17 mempercepat produksi cangkang telur dalam tubuh ayam sehingga dalam waktu 24 jam sebuah telur dapat segera dikeluarkan. Yang harus diingat dari hasil riset ini adalah bahwa telur tidak dapat diproduksi tanpa OC-17 yang terdapat dalam indung telur ayam.

Kesimpulannya adalah Ayam lah yang lebih dahulu ada daripada telur. Maha suci Allah, dzat yang telah menciptakan segala sesuatu dengan berbagai keistimewaan dan keunikan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Jawaban Ilmuwan Tentang Teka-Teki Lebih Dulu Ayam atau Telur?"